Langsung ke konten utama

Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan & Kecantikan


Manfaat kacang tanah menjadi salah satu kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Olahan kacang tanah banyak kita temui dalam bentuk yang direbus atau digoreng. Dalam kuliner Indonesia, olahan kacang tanah pada gado-gado sangat digemari turis mancanegara. Kacang tanah dijadikan seperti saus pada salad yang mencampur berbagai jenis sayuran. Tentu saja banyak khasiat yang sekaligus kita dapatkan dari sayuran tersebut, seperti manfaat kacang panjang, manfaat kentang, dan manfaat ketimun. Kacang tanah sendiri menyimpan kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh, yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Kandungan Gizi Kacang Tanah
Kacang-kacangan pada umumnya menyimpan nutrisi penting dan lengkap bagi tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu yang memiliki gizi terbaik pada kelompok kacang-kacangan. Nutrisi pada manfaat kacang tanah ini diyakini sebanding dengan manfaat kacang kedelai (soya). Satu cangkir kacang mentah mengandung sekitar  :
  • 828 kalori (8% dari kebutuhan harian)
  • 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian)
  • 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian)
  • 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian)
  • 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian)
  • 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian)

Lemak
Kacang mentah mengandung lemak, namun hanya 19 persen lemak jenuh, sementara 81 persen lainnya berasal dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi terhadap diabetes 2 dan penyakit arteri, tetapi lemak tak jenuh bekerja secara terbalik, justru menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner.
Mineral
Secangkir kacang tanah mentah, mengandung 58% magnesium, 44% fosfor, 43% seng, 37% zat besi, 22% kalium dan 10% kalsium. Mineral ini membantu ulang dan kesehatan gigi, kontraksi otot, pembekuan darah, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Mereka juga mengurangi risiko kanker tertentu, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
Vitamin
1 porsi kacang tanah mentah memasok 110% dari asupan makanan referensi untuk niacin, 88 persen untuk folat, 81 persen untuk vitamin E, 78 persen untuk tiamin, 30 persen untuk vitamin B-6 dan 15 persen untuk riboflavin. Vitamin ini membantu melindungi tingkat vitamin A dan C dalam tubuh, mengatur nafsu makan, menjaga pencernaan yang sehat dan metabolisme dan membantu kulit, mata dan kesehatan neurologis. Folat menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu mencegah cacat lahir tulang belakang dan saraf.

Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan

Manfaat kacang bagi kesehatan banyak didapatkan dalam berbagai cara. Memakan minimal dua sendok makan selai kacang setiap minggu untuk menjaga berbagai penyakit berbahaya pergi dan menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan :
1. Baik bagi ibu hamil
Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, apalagi diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Bagi wanita hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, diperlukan juga untuk perkembangan bayi seperti kandungan pada manfaat kacang merah dan manfaat kacang hijau.
2. Mengurangi rasa depresi
Pada manfaat kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.
3. Batu Empedu
Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.
4. Kanker Usus Besar
Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27%.
5. Menjaga Berat Badan
Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.
6. Mencegah Penyakit Jantung
Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.


Manfaat Kacang Tanah Bagi Kecantikan

Selain memuaskan rasa lapar, konsumsi kacang juga membuat kulit halus, lembut dan tampak lebih muda. Beberapa manfaat dari kacang untuk kulit antara lain:
  1. Asam lemak yang ada dalam kacang dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan kulit. Kacang mengandung Vitamin E, seng dan magnesium, yang menjaga kulit bersinar dari dalam dan menekan bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan protein dalam kacang juga membantu regenerasi sel.
  2. Kacang tanah mengandung sejumlah asam lemak yang diyakini penting untuk sel-sel saraf otak. Sel otak ini akan membantu mengontrol stres dan perubahan suasana hati, untuk mencegah berbagai gangguan kulit seperti keriput, garis halus dan kusam.
  3. Serat dalam kacang-kacangan sangat penting untuk mengeluarkan racun. Racun dalam tubuh menyebabkan kulit yang kusam dan minyak berlebih. Makan kacang secara teratur membantu membuang kelebihan racun pada tubuh untuk membuat kulit yang sehat.
  4. Kacang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kacang tanah berisi asam lemak omega 3 yang tinggi, untuk memperkuat folikel kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  5. Kacang merupakan sumber arginin, yaitu asam amino yang sangat membantu untuk mengobati kebotakan pada pria dan mendorong pertumbuhan rambut sehat. Zat ini juga menyehatkan dinding untuk meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang lancar ke seluruh tubuh juga penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat.
Meskipun asupan kacang tanah ini memang dianjurkan, namun sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan. Mengkonsumsi berbagai variasi makanan, jauh lebih baik seperti mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah- buahan.

Postingan populer dari blog ini

Bukit Bulu Coban Rais, Batu - Malang

Halo...siapa yang belum pernah ke Bukit Bulu Coban Rais, Batu-Malang? Wisata ini saya rekomendasikan bagi yang suka fotografi. Viewnya keren-keren, seperti foto saya diatas ini. Hmm...ini pertama kalinya saya naik sepeda diudara. Mau tahu rasanya?hohoho...semriwiiing. G bisa bedain antara takut dan seneng 😂 Bayangkan, meskipun badan udah dipakein tali safety tapi saya ga dikasih helm fiuuuhhh....pikiran udah kemana-mana. Difoto sih kelihatan fine-fine aja...tapiii aslinya itu teriak-teriak minta segera turun hahahaha...
Nah...kalo spot Love ini kelihatannya sepi yah?😂 Tapi, aslinya antrian buat foto dispot itu mengularrrrr....fiuh,luaaamma...mungkin karena pas weekend yah. Kalo foto sebelah kiri ini...bener-bener emejing. Bayangin kita diayun trus bawahnya itu tebing tingggiiiiii lalu kita disuruh rileks, wuaahhh... Belajar akting beneran ini, hanya bisa pasrah sama instruktur spot yang ada disitu 😁
Secara keseluruhan rekreasi disini menyenangkan daaaan saya suka saya suka 🤗

Info…

Pantai Watu Gedek, Tempursari, Lumajang (Watu Gedek Beach---Tempursari, Lumajang)

Wah...kalo lihat foto ini jadi pengen touring sama temen2 lagi :)
Area bakar2nya ini berada di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karangmenjangan, Tempursari.
Pas cuacanya bagus, kita bisa melihat langit dan bintang2 disana. Hmm....begitu besar karya Tuhan....pas menatap ke langit, kita terasa begitu sangat kecil :)










Nah...kalo ini pas moment matahari mau terbit. Ini kira2 jam 05.30 WIB. Area ini adalah di Pantai Watu Gedek nya guys :)











Jalan menunju ke pantai ini cukup bagus kok, tapi memang tidak terlalu lebar. Bisa dilihat di gambar 03 & 04 ini nih....




























Ombaknya lumayan besar, tapi bagus pemandangannya. Disana pasirnya hitam pekat, oiya sekedar info pasir disana banyak kandungan besinya. Tapi masyarakat disana tidak memperbolehkan siapapun mengambil pasir ini untuk diekspor. (Pic. 06 & 07)
























Di sepanjang pantai terdapat batu2 tinggi yang menjulang, seperti foto dibawah ini. Nah uniknya...batu ini menyerupai Gedek (dinding yang terbuat dari anyaman bambu) makanya pantai ini dinamak…

TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Karangmenjangan, Tempursari, Lumajang

Memandang laut lepas membuat hati tenang :)